Tanda Tanda Penyakit Gula

Penyakit gula atau yang biasa banyak disebut orang sebagai penyakit diabetes mellitus yang merupakan salah satu dari penyakit kronis yang harus diwaspadai. Penyakit diabetes ini juga dapat menyebabkan kematian setelah penyakit kronis lainnya seperti jantung, stroke, ginjal, kanker dsb.

Penyakit diabetes tidak datang secara langsung, setiap orang memiliki resiko terserang diabetes atau kencing manis atau penyakit gula. Penyakit diabetes timbul dari berbagai hal penyebab komplikasi yang tidak terkendali dan tidak diketahui sebelumnya. Penyakit diabetes atau yang banyak disebut juga sebagai penyakit gula ini merupakan gangguan penyakit yang diakibatkan dari penggunaan gula yang menjadi glukosa dalam kadar yang cukup tinggi yang terjadi di dalam tubuh. Seseorang yang memiliki resiko terserang diabetes tak langsung menderita diabetes, penyakit gula ini juga memiliki beberapa tahapan sebelum seseorang tervonis diabetes, pada awalnya seseorang akan mengalami fase normal yang kemudian beranjak pada pre-diabetes yang kemudian akhirnya menderita diabetes.

Berikut ini ciri atau tanda-tanda dari seseorang yang memiliki resiko terserang diabetes atau penyakit gula darah seperti dilansir dari diabeteslibrary, diantara ciri-ciri tersebut adalah :

1. Sering berkemih

Seseorang yang memiliki kadar gula darah diatas normal yang memang memiliki faktor resiko pada diabetes ini dan ditemukannhya kadar gula dalam darah yang diubah menjadi glukosa, akan semakin membuat penderita akan sering berkemih. Hal ini dilatar belakangi oleh jika hormon insulin tidak dapat bekerja optimal karena gula darah dalam tubuh semakin meningkat yang mengakibatkan ginjal tak mampu menyaring glukosa untuk kembali ke darah. Lalu organ ginjal akan menarik kembali tambahan air dar darah untuk menghancurkan glukosa. Hal ini tentunya dapat membuat kandung kemih menjadi lebih buncit atau sedikit membesar yang kemudian membuat seseorang rasa ingin berkemih terus-menerus.

2. Sering merasa haus

Beberapa orang yang terkena diabetes atau kencing manis atau gula ini akan sering mengalami dehidarsi yang kemudian akan timbul rasa sering berkemih dan haus. Hal ini disebabakan oleh proses penghancuran glukosa yang lebih sulit maka air yang terkandung didalam darah akan diserap yang kemudian akan menghancurkannya.

Oleh karenanya, selalu disarankan untuk rajin mengkonsumsi air untuk menjaga kondisi tubuh tetap stabil dan membantu proses penghancuran suatu penyakit. Untuk tetap menjaga kondisi tubuh dalam keadaan yang baik banyak konsumsi air putih secara rutin.

3. Mengalami penurunan berat badan

Mereka yang tervonis menderita diabetes mellitus tipe 1 yang umumnya disebabkan karena faktor gentika atau keturunan. Selain itu dapat pula disebabkan oleh pankreas berhenti membuat insulin akibat serangan virus yang terdapat pada pankreas atau akibat dari respon tubuh yang autoimun. Sehingga mengakibatkan tubuh sulit untuk mencari sumber energi karena sel-sel tidak mendapatkan glukosa sehingga tubuh memecah jaringan otot dan lemak untuk energi sehingga badan terus menurun dan menyusut.

Pada penderita diabetes tipe 2 (faktor perubahan gaya hidup), penurunan berat badan terjadi secara bertahap dengan peningkatan resistensi insulin sehingga penurunan berat badan tidak begitu terlihat.

4. Mudah lelah

Gula yang dibakar dan kemudian diubah menjadi glukosa merupakan sumber energi penting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Namun tubuh yang kelebihan gula dalam darah juga akan berakibat fatal pada terganggunya kondisi suatu tubuh yang rentan terhadap serangan penyakit. Tubuh yang mudah merasa kelelhan atau letih disebabkan karena pasokan glukosa terhambat sehingga sel-sel makanan dari glukosa yang semestinya didistribusikan ke seluruh jaringan sel tubuh untuk membuat energi menjadi terhambat dan tidak berjalan. Oleh karenanya sel-sel tubuh yang tidak mendapat pasokan glukosa sebagai sebagai sumber tenaga bagi tubuh akhirnya menjadi mudah meraasa lelah.

5. Tangan atau kaki sering kesemutan

Tanda atau ciri berikutnya dari penyakit gula atau diabetes adalah tangan atau kaki sering mengalami ksemutan atau dalam bahasa kedokteran disebut dengan neuropati. Sering kesemutan juga belum dapat dikatakan menjadi salah satu tanda atau ciri seseorang memiliki kemungkinan terserang diabetes atau penyakit gula. Namun ditandai oleh gejala dan penyebab lainnya. Penyakit gula yang ditandai dengan gejala sering kesemutan dapat terjadi secara bertahap yang disebabkan oleh glukosa dalam darah yang tinggi dan merusak sistem syaraf. Gula darah tinggi mungkin telah terjadi beberapa saat lalu sebelum terdiagnosa karena kerusakan saraf yang dapat menyebar tanpa diketahui sebelumnya.

6. Kemampuan mata semakin berkurang

Penyakit gula atau diabetes dapat menyerang siapa saja, semua orang memiliki resiko yang sama terserang penyakit gula baik dalam keadaan tubuh yang sehat sekalipun atau yang sedang sakit ringan dari mulai anak-anak, remaja, dewasa muda hingga mereka yang lanjut usia. Tanda lainnya yang dapat dikenali pada mereka yang tervonis menderita diabetes atau memiliki kadar gula tinggi di dalam tubuh mengalami penurunan pada kemampuan mata atau penglihatan mulai kabur, sering mengalami luka atau memar yang penyembuhannnya membutuhkan waktu yang lama, kulit kering atau gatal.


=====================================

>>> Kapsul Sambiloto Mengobati Kencing Manis / Diabetes, Menormalkan Kadar Gula Darah, Meningkatkan Kekebalan Tubuh, Mengatasi Bronchitis & Radang Amandel, Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Ciri Ciri Penyakit Gula and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>